3 comments on “Potensi shipwreck dan BMKT di Kepulauan Selayar

  1. Sejarah memang tak pernah usang untuk digali, namun jika besi kapal2 yang karam itu habis diambil dan dijual maka yang tinggal hanya bekasnya saja.. bahwa dulu ditempat ini pernah ada Kapal yang karam.. postingan yang menarik..

  2. Tahun 2003 pernah diangkat ke media tentang penemuan harta karun dari kapal dagang china yg karam di sekitar perairan Tile-Tile. Namun sampai saat ini tidak ada pembuktian bahkan lokasi harta karun tersebut sudah sering diselami oleh nelayan lokal, sehingga banyak keramik yg hilang dan rusak akibat penggalian yang tidak profesional.

    Walaupun Pemerintah sudah melakukan pengawasan bersama pihak Kepolisian, namun aksi pencurian harta karun ini masih kerap dilakukan sembunyi-sembunyi oleh nelayan yang sudah mengetahui letak ceceran BMKT tersebut.

    Seperti halnya bangkai kapal yang teridentifikasi “LONDON TRINITY”, kondisinya juga sudah parah, karena pencurian besi tua oleh masyarakat di sekitar yang bermukim di pulau Polassi dan Tambolongan yang tak jauh dari lokasi kapal karam tersebut. BMKTnya pun sdh tidak terdata, karena keterbatasan fasilitas.

    Semoga dengan adanya potensi tersebut diatas, Pemerintah lebih serius menangani dan menjadikannya sebagai situs yang bisa difungsikan sebagai potensi pariwisata penyelaman (shipwreck) dan sejarah.

    Terima kasih atas kunjungan dan masukannya. Salam kenal dan sukses selalu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s